JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization
Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021

PENGEMBANGAN PRODUK PLASTIC PACKAGING MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA PT. TS

Ferry Christian (Teknik Industri Fakultas Teknik)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK PT. TS adalah perusahaan bergerak dalam bidang pembuatan film Packaging yang termasuk perusahaan besar di Indonesia. Produk buatan perusahaan yang menjadi andalan yakni BOPP, BOPP yang dikenal sebagai kertas kaca merupakan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kemasan plastik pembungkus rokok, kemasan produk makanan, dan kemasan instan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui prioritas atribut produk yang harus dikembangkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada penggunanaan plastik packaging dengan menggunakan metode QFD. Untuk mengetahui kepuasan pelanggan, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik sampel jenuh di 11 perusahaan dengan jumlah 15 responden. Ada 8 atribut dan 5 karakteristik teknikal diidentifikasi. Berdasarkan analisis QFD, didapatkan prioritas tertinggi yaitu Produk mudah di ingat oleh konsumen dengan nilai prioritas 77, Bentuk kemasan dengan nilai prioritas 69, Masa kadaluarsa produk dengan nilai prioritas 53, Kekuatan bahan dengan nilai prioritas 48, Harga jual dengan nilai prioritas 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produk mudah di ingat oleh konsumen menjadi prioritas tertinggi sehingga menciptakan brand merk yang unik dan berbeda dari perusahaan lain merupakan prioritas yang dapat dikembangkan oleh perusahaan. ABSTRACTPT. TS is a company engaged in the manufacture of packaging films, which is a large company in Indonesia. The company's mainstay product is BOPP. BOPP, known as glass paper, is a material needed in the manufacture of plastic cigarette packaging, food product packaging, and instant packaging. This study aims to determine the priority of product attributes that must be developed to increase customer satisfaction in the use of plastic packaging using the QFD method. To determine customer satisfaction, the data collection method used a questionnaire with a saturated sample technique in 11 companies with a total of 15 respondents. There are 8 attributes and 5 technical characteristics identified. Based on the QFD analysis, the highest priority was obtained, namely the product is easy to remember by consumers with a priority value of 77, the form of packaging with a priority value of 69, the expiration date of the product with a priority value of 53, Strength of materials with a priority value of 48, Selling price with a priority value of 21. The results of this study showed that products that are easy to remember by consumers are the highest priority so that creating a brand that is unique and different from other companies is a priority that can be developed by the company. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiso

Publisher

Subject

Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

JISO merupakan jurnal ilmiah yang menjadi wadah bagi para peneliti, akademisi dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di bidang rekayasa sistem dan industri diterbitkan oleh LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif (eISSN 2622-898X) (pISSN 2622-8971). Dengan fokus dan materi tentang ...