AbstrakYayasan Al-Hamidiyah merupakan sebuah yayasan yang berlokasi di Cisaat Kabupaten  Sukabumi yang memberlakukan iuran rukun kematian bagi warga sekitar. Iuran tersebut merupakan iuran wajib bulanan yang dibayarkan warga (per-Kepala Keluarga) atas dasar kesepakatan bersama. Iuran ini bertujuan untuk meringankan beban anggota keluarga yang terkena musibah beban kematian. Dalam pengelolaan iuran kematian, seringkali terjadi iuran yang tidak merata dan pencatatan data yang tidak tertata sehingga mengakibatkan sulitnya mencari data yang sudah diinput sebelumnya. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah metode kualitatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibuatlah sistem berbasis web sebagai alat bantu dalam pengolahan data dan untuk menunjang pertanggungjawaban dalam penyajian laporan yang efektif dan efisien serta mempermudah dalam menghasilkan informasi yang berkualitas seperti yang dibutuhkan. Pembuatan sistem tersebut dikembangkan menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall. Dengan adanya sistem ini, proses pengelolaan iuran kematian antara pihak yayasan dan rukun kematian menjadi lebih terorganisir dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta efektivitas kinerja pihak yayasan. Keywords: Pengelolaan Iuran, Rukun Kematian, Sistem Informasi, Web AbstractAl-Hamidiyah Foundation is a foundation located in Cisaat, Sukabumi Regency, which imposes a death benefit contribution for local residents. The fee is a compulsory monthly fee paid by residents (per Head of Family) based on mutual agreement. This contribution aims to ease the burden on family members affected by the death burden. In the management of death contributions, there are often uneven contributions and recording of unorganized data, making it difficult to find data that has been previously inputted. The method used in this study is a qualitative method. To overcome these problems, a web-based system was created as a tool in data processing and to support accountability in the presentation of reports that are effective and efficient and make it easier to produce quality information as needed. The making of the system was developed using the waterfall software development model. With this system, the process of managing death contributions between the foundation and the pillars of death has become more organized and can improve the quality of services and the effectiveness of the foundation's performance. Keywords: Contribution Management, Pillars of Death, Information Systems, Web
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020