Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2021): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Efektivitas Pembelajaran Membaca Puisi dengan Teknik Skema pada Siswa SMP Kelas VIII

Taufik Taufik (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yapis Dompu)
Andang Andang (STKIP Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Peneltian ini medeskripsikan tentang efektivitas pembelajaran dalam membaca puisi dengan menggunakan teknik Skema. Pendekatan yang digunakan dalam pennelitian ini adalah pendekatan kuantintatif. Adapun Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus analisis regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji T. Hasilnya menunjukan bahwa nilai a (kostanta) sebesar 0,856, nilai b (koefisien) sebesar 1,002, jadi Y = a+bx yaitu Y=0,856 + 1,002X. Yang berarti terdapat efektifitas yang positif dan signifikan antara pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan teknik skema, kemudiian dilanjutkan dengan analisis hubungan korelasi antara pembelajaran membaca puisi dengan teknik skema menunjukan nilai rxy sebesar 0,926. Dilanjutkan dengan analisis koefiesien determinasi menunjukan nilai sebesar 85,74 dan dilakukan pengujian hipotesis dengan uji T menunjukan nilai Thitung = 12,24 dibandingkan dengan harga Ttabel dengan df = 27, pada taraf 5% diperoleh Ttabel = 1,703. Jadi Fhitung > Ftabel Ha di terima dan Ho di tolak. Simpulanya adalah ada efektivitas yang positif dan signifikan antara membaca puisi dengan menggunakan teknik skema di SMP Negeri 3 Dompu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...