Telah teridentifikasi bahwa pemahaman dan keterampilan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan masih rendah. Di sisi lain, masa pandemi ini menyulitkan guru dalam melaksanakan tindakan kelas. Untuk itu perlu dilakukan pendampingan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru merencanakan, melaksanakan, menyajikan dan mempublikasikan hasil penelitian tindakan kelas di masa pandemi Covid-19. Metode pelaksanaan pendampingan melalui ceramah presentasi, tatap muka, dan diskusi (tatap muka dan daring). Data yang diperoleh, kemudian dianalisis secara deskriptif. Kegiatan dilaksanakan di TK dan SD Widiatmika, Kabupaten Badung, Bali. Dengan melibatkan 31 guru TK dan SD dari Yayasan Widiatmika. Hasil kegiatan adalah terjadi peningkatan pemahaman tentang hakekat penelitian tindakan, peningkatan keterampilan dalam melakukan perencanaan penelitian tindakan kelas, pengembangan instrumen penelitian tindakan kelas, teknik menyajikan data hasil penelitian, pengembangan proposal dan pelaksanaan penelitian, desiminasi/seminar hasil penelitian, dan publikasi karya ilmiah. Peningkatan kompetensi guru tersebut dari kategori cukup baik (64%) menjadi kategori sangat baik (92%).
Copyrights © 2021