Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Dasar 1 melalui Project Based Learning. Project yang diberikan berupa pembuatan poster fisika dan pemanfaatan alat sederhana yang ada dilingkungan untuk menjelaskan konsep-konsep fisika dasar 1 yang didokumentasikan dalam bentuk video. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang sudah valid dan reliable. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang mangikuti mata kuliah Fisika Dasar 1 tahun ajaran 2020/2021. Dari hasil penelitian diperoleh persentase untuk masing-masing indikator kreativitas : Kemampuan menginvestigasi ide 78%, kemampuan mengaktualisasikan ide dan konsep dalam desain media yang dikembangkan 84%, ketepatan dalam memilih media sebagai solusi dari permasalahan yang muncul dalam investitasi ide 78%, keterbaruan media yang dikembangkan 60%, dan kemampuan mengelola alat dan bahan dalam mengembangkan media 78%. Rata-rata diperoleh 76% termasuk dalam kategori tinggi. Untuk penguasan konsep dari media/alat peraga yang dikembangka, diperoleh nilai rata-rata 78% termasuk dalam kategori baik.
Copyrights © 2021