JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Vol. 2 No. 1 (2021): Maret | Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |

PROFIL KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR MELALUI PROJECT BASED LEARNING

Dona Mustika (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Dasar 1 melalui Project Based Learning. Project yang diberikan berupa pembuatan poster fisika dan pemanfaatan alat sederhana yang ada dilingkungan untuk menjelaskan konsep-konsep fisika dasar 1 yang didokumentasikan dalam bentuk video. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang sudah valid dan reliable. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang mangikuti mata kuliah Fisika Dasar 1 tahun ajaran 2020/2021. Dari hasil penelitian diperoleh persentase untuk masing-masing indikator kreativitas : Kemampuan menginvestigasi ide 78%, kemampuan mengaktualisasikan ide dan konsep dalam desain media yang dikembangkan 84%, ketepatan dalam memilih media sebagai solusi dari permasalahan yang muncul dalam investitasi ide 78%, keterbaruan media yang dikembangkan 60%, dan kemampuan mengelola alat dan bahan dalam mengembangkan media 78%. Rata-rata diperoleh 76% termasuk dalam kategori tinggi. Untuk penguasan konsep dari media/alat peraga yang dikembangka, diperoleh nilai rata-rata 78% termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jemas

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, ...