Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum learning berbantuan multimedia interaktif. Pembelajaran secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa secara optimal. Salah satu kemampuan yang harus ditingkatkan adalah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group pretes-postes design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Peusangan, di kelas XI2 dan kelas XI3. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbantuan multimedia interaktif dan kelas kontrol dengan model pembelajaran direct instruction. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pemberian tes awal (pre test) dan tes akhir (post test). Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah thitung sebesar 6,377 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 diperoleh : t(0, 05) (db) = 2,042. Dengan demikian terlihat bahwa thitung> ttabel yaitu 6,377 > 2,042 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching berbantuan multimrdia interaktif dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran direct instruction.
Copyrights © 2021