Penelitian ini mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq. Penelitian menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan teknik analisis isi (content analysis) melalui metode deskriptif analisis. Sumber data utama adalah novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 (selanjutnya ditulis Dilan 1990) karya Pidi Baiq. Hasil kajian dapat disimpulkan bahwa novel Dilan 1990 ceritanya sesuai dengan psikologi remaja atau anak SMA. Berdasarkan keterjalinan unsur-unsurnya, dapat ditemukan makna nilai pendidikan karakter meliputi: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Adapun berdasarkan tilikan sosiologis, diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana model persahabatan atau pergaulan remaja dengan konflik yang menyertai kehidupannya. Melalui tokoh-tokohnya, pembaca dapat beroleh gambaran cara menyelesaikan masalah kehidupan. Pada pandangan lebih luas, novel Dilan 1990 diharapkan bisa menjadi sarana yang cukup efektif untuk menyampaikan tujuan-tujuan pengarang kepada pembaca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021