Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 2 No. 2 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII BC SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR

Neneng Hermawati (SMK Negeri 2 Kota Bogor)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna, (2) untuk menggambarkan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek, (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang materi Produk Teknologi Tepat Guna setelah menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di Kelas XII BC SMK Negeri  2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Berbasis Projek  hasil belajar peserta didik hanya  memiliki nilai rata-rata 74.14. Siklus pertama meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 78.00, meningkat lagi di siklus ke-dua dengan perolehan nilai atau hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 81.70, dan di siklus ke-tiga nilai rata-rata peserta didik meningkat lagi menjadi 86.10. Aktivitas peserta didik dalam pembuatan produk teknologi tepat guna. Perolehan prosentase pada siklus pertama sebesar 53,45% (cukup aktif),  perolehan prosentase pada siklus ke-dua sebesar 78.62%  (aktif), dan perolehan prosentase pada siklus ke-tiga sbesar 95.52% (sangat aktif). Maka dapat disimpulkan terjadi  peningkatan aktivitas peserta didik  diantara ketiga  siklus tersebut. Sehingga penggunaan model pembelajaran Berbasis Proyek yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...