Asimetris: Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 2 No 1 (2021): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Sapti Handayani (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Aritsya Imswatama (Unknown)
Nur Agustiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan monopoli pada materi aritmatika sosial terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VII. Hasil wawancara dengan guru matematika menyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa kurang. Selain itu, kurang adanya minat dan motivasi terhadap pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media pembelajaran visual yang berbentuk permainan monopoli. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau r&d. Desain pengembangan yang digunakan adalah model addie (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data validitas media pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan lembar validasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator ahli materi dan media. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor keseluruhan 4,22. Tetapi media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan harus melalui proses perbaikan untuk menyempurnakan media pembelajaran yang dikembangkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asm

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics

Description

ASIMETRIS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, sebagai sarana publikasi dari hasil penelitian dosen, penelitian mahasiswa maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pada pengembangan teori, serta aplikasinya terhadap Pendidikan ...