IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol. 2 No. 2 (2021): IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies

AKSELERASI PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA: Studi Kasus WPAJ HMJ IAT UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wahyudin Darmalaksana (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Busro Busro (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas akselerasi publikasi ilmiah mahasiswa melalui workshop. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif melalui studi lapangan dengan metode partisipatoris dan analisis keberhasilan. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa hingga hari ke-7 telah menghasilkan artikel ilmiah sebanyak 7 artikel. Selebihnya, 3 Orang sampai pada tahap 10, 5 Orang tahap 9, 7 Orang tahap 8, 11 Orang tahap 7, dan selebihnya sedang proses tahap 6, tahap 5, tahap 4, tahap 2, dan tahap 1. Bahkan satu orang peserta pada hari ke-4 telah berhasil melakukan akselerasi publikasi di jurnal ilmiah. Penelitian ini menyimpulkan bawah workshop penulisan artikel jurnal mengalami efektifitas bagi peningkatan keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel jurnal dan akselerasi publikasi ilmiah, meskipun dijumpai berbagai kendala, seperti mahasiswa tengah sibuk menghadapi ujian akhir semester, ganguan jaringan internet, tidak tersedia fasilitas laptop, dan lain sebagainya. Penelitian ini merekomendasikan kepada panitia untuk menentukan pilihan di antara strategi konferensi dan strategi pengiriman naskah artikel ke jurnal ilmiah reguler dalam memastikan akselerasi publikasi ilmiah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijois

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Studies, is a double-blind peer-reviewed journal published by Civiliza Publishing, Indonesia. The journal publishes research articles, conceptual articles, reports field studies and book reviews of islamic studies (See Focus and Scope). The articles of this journal are ...