Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 3 No 1 (2021): Pedagogia

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Planted Questions pada Siswa Kelas IV SDN 1 Campang Raya

Lestari, Yulita Dwi (Unknown)
Partasiwi, Nurashri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Planted Questions pada siswa kelas IV SDN 1 Campang Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Campang Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 20% pada pra siklus menjadi 60% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 84% pada siklus II. Dengan nilai rata-rata tes formatif siswa meningkat dari 64,00 pada tahap pra siklus, menjadi 72,00 pada siklus I dan menjadi 83,44 pada siklus II. Kemudian jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM juga telah mengalami peningkatan, yaitu pada tahap prasiklus sebanyak 5 siswa, meningkat pada siklus I menjadi 15 siswa dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 21 siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia diperuntukkan sebagai media publikasi hasil penelitian ilmiah bagi dosen, guru, peneliti, dan pemerhati pendidikan dasar. Setiap naskah yang diserahkan akan disunting secara peer-review, dengan tahapan editing oleh session editor dan ditinjau oleh ...