Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2021): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA

Dwi Puspa Melati Syam (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Mutmainnah Mutmainnah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhammad Rizal Usman (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binamu. Subjek penelitian yang diambil 3 dari 20 siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Binamu. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara, wawancara dilakukan untuk memperkuat hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah Polya. Pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya yang muncul pada saat penelitian: (1) pada siswa yang berkemampuan tinggi dapat menentukan yang diketahui, dan yang ditanyakan, dapat menyusun dan membuat rencana penyelesaian, dapat menyelasaikan soal dengan langkah-yang benar dan tepat, serta dapat membuat kesimpulan dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh dengan melakukan pembuktian, (2) pada siswa yang berkemampuan sedang dapat menentukan yang diketahui, dan yang ditanyakan, dapat menyusun dan membuat rencana penyelesaian, dapat menyelasaikan soal dengan langkah-yang benar dan tepat, serta dapat membuat kesimpulan dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, dan (3) pada siswa yang berkemampuan rendah dapat menentukan yang diketahui dan yang ditanyakan, namun tidak dapat menyusun dan membuat rencana penyelesaian, tidak dapat menyelesaikan soal dengan benar dan tepat, serta tidak dapat membuat kesimpulan dan memeriksa kembali.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...