Buletin Literasi Budaya Sekolah
Vol. 1, No. 1, Juli 2019

Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu

Panji Hidayatulloh (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ayu Solihatul (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endah Setyo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rosita Husna Fanantya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sekar Mustika Arum (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ririn Tri Utami Nurul Istiqomah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Shandy Novilia Purwanti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2019

Abstract

Membaca menjadi hal yang penting dalam proses belajar mengajar..membaca merupakan proses penyerapan ilmu melalui suatu bacaan atau tulisan. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang bervariasi dari yang cepat, sedang dan lambat dalam hal membaca.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Perlu adanya pembiasaan pada siswa dalam meningkatkan minat membaca.dengan diadakannya literasi diharapkan mampu menikatkan minat baca pada siswa dan menambah ilmu yang dapat menjadi bekal di masa yang akan datang di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Obyek penelitian adalah Guru kelas beserta siswa kelas I-V dengan teknik pengumpulan data secara observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif menunjukan bahwa pertama kegiatan pojok baca merupakan progam evaluasi yang ada di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Kedua , Pelaksanaan kegiatan pojok baca dilakukan secara setiap hari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

blbs

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

BULETIN LITERASI BUDAYA SEKOLAH, merupakan buletin daring berkategori akses terbuka yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan dipublikasikan oleh Muhammadiyah University Press (MUP). Program Gerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan salah satu ...