PRISMA
Vol 10, No 1 (2021): PRISMA Volume 10, No 1 Tahun 2021

Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Supartinah, Astuti (Unknown)
Hidayat, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang tidak dapat menyelesaikan  soal  pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dan rendahnya kemampuan siswa dalam mengaitkan masalah dengan kehidupan sehari-hari atau yang bersifat kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah di Cianjur yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen untuk mendapatkan data itu sendiri dilakukan dengan tes yang diberikan kepada siswa berupa lembar soal yang berisi 5 butir soal  dengan soal yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan siswa yakni: 1) Siswa tidak menjawab soal 5%, 2) Siswa tidak dapat membuat model matematika 5%, 3) Siswa salah membuat model matematika 10%, 4) Siswa salah melakukan eliminasi 10%, 5) Siswa salah menuliskan tanda operasi pada persamaan untuk dieliminasi 5%, 6) Siswa salah menghitung pada saat mengeliminasi 30%, 7) Siswa salah membuat persamaan baru untuk disubstitusikan 20%, 8) Siswa salah memasukan nilai substitusi 25%, dan 9) Siswa salah mengitung pada saat mensubstitusi 40%.  dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...