Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTEK PADA JURUSAN TEKNIK SIPIL DAN BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Gilang Fernando Radri (Pendidikan Teknik Bangunan)
Faisal Ashar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui seberapa efektifkah metode pembelajaran e-learning pada mata kuliah teori dibandingkan dengan mata kuliah praktek di Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang menggunakan e-Learning pada proses perkuliahan, yaitu berjumlah 62 orang. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu sebanyak 62 orang. Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan software aplikasi menggunakan rumus derajat pencapaian (DP). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-Learning untuk Mata Kuliah Teori pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tergolong Cukup sebesar 73,94%. Sementara itu, Pembelajaran Menggunakan e-Learning untuk Mata Kuliah Praktek pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tergolong Kurang sebesar 68,79%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...