Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PADANG

Syukri Rahmad (Teknik Sipil)
Rijal Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2021

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM karena gaya mengajar guru yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Kontribusi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang. Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Padang yang telah selesai belajar Mekanika Teknik, berjumlah 60 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dalam skala Likert yang disebarkan kepada responden. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari Gaya Mengajar Guru terhadap minat Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang. Dengan nilai R-square sebesar 0,380, dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara Variabel X (gaya mengajar guru) dengan Variabel Y (hasil belajar). Dari hasil perhitungan koefisien determinas dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berkontribusi sebesar 14,44% terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...