Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TENTANG MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA

Livear Olivia Aldo (Pendidikan Teknik Bangunan)
Oktaviani . (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pro dan kontra dikalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 dan 2019 FT UNP terhadap kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang dikeluarkan oleh Mendikbud. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 dan 2019 FT UNP terhadap kebijakan hak belajar tiga semester di luar program studi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP angkatan 2018 dan 2019 sebanyak 122 orang. Adapun Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibuat pada google form dan disebarkan melalui whatsapp. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 dan 2019 FT UNP terhadap kebijakan hak belajar tiga semester di luar program studi tergolong dalam kategori baik. Hal ini dinyatakan dengan hasil pengolahan data yang menunjukkan pada aspek pengetahuan memperoleh persentase sebesar 74,5%, pada aspek penilaian memperoleh persentase sebesar 78,2% dan pada aspek sikap memperoleh persentase sebesar 80,2%, artinya sudah banyak mahasiswa yang mengetahui, memahami, menilai dan menyikapi kebijakan hak belajar tiga semester di luar program studi dengan baik walaupun masih ada beberapa mahasiswa yang berkategori rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...