Objektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran kopi khas Mandailing di Lopo Mandheling Cafe yang berlokasi di Panyabungan, Mandailing Natal Sumatera Utara. Adapun beberapa aspek bauran pemasaran yang dianalisis antara lain product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi/pemasaran). Material and Metode. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, pengamatan lapangan dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dan disusun dalam bentuk laporan hasil penelitian. Hasil. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa aspek-aspek bauran pemasaran kopi Mandailing di Lopo Mandheling Cafe secara keseluruhan bagus, dimana kualitas produk yang sudah terjamin (sudah BPOM dan memiliki sertifikasi halal dari MUI). Harga yang terjangkau di kalangan masyarakat, tempat yang strategis dan nyaman serta promosi produk yang sudah maksimal baik melalui media sosial, maupun promosi langsung ke konsumen. Kesimpulan. Manajemen dan analisis bauran pemasaran yang baik memberikan pengaruh signifikan terhadap sebuah produk di pasaran. Diharapkan dengan analis bauran pemasaran yang tepat sebuah produk dapat berkembang dengan baik dan memberikan income yang membantu keberlangsungan usaha.
Copyrights © 2021