Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 9 No. 4 (2020): DIDAKTIKA November 2020

Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh melalui Kegiatan Pendampingan di UPT SMK Negeri 8 Luwu

Damis Asang (SMK Negeri 8 Luwu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh melalui pendampingan di UPT-SMK Negeri 8 Luwu Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 12 orang guru di UPT SMK Negeri 8 Luwu Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi awal, hasil siklus I, hasil siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal menunjukkan bahwa hasil penilaian terhadap kemampuan guru menunjukkan hasil yang kurang baik dengan skor rata-rata 44,00 dan hanya masuk dalam kualifikasi kurang. Siklus pertama menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 66,83 dan hanya masuk dalam kualifikasi C atau cukup. Siklus kedua menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 86,33 dan hanya masuk dalam kualifikasi B atau baik. Dapat disimpulkan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 12 guru di UPT SMK Negeri 8 Luwu Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan dinyatakan berhasil meningkatkan kemampuan guru menggunakan fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...