Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 9 No. 4 (2020): DIDAKTIKA November 2020

Penerapan Model Learning Start With Question pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo

Rita Rita (MTs Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menerapkan metode Learning Start With Question tahun ajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 32 orang siswa kelas VIII B dan dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap kekurangan yang terjadi dalam pembelajaran, diperbaiki pada perencanaan dan pelaksanaan siklus berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitan menunjukkan bahwa model learning start with a question dapat dapat meningkatkan keaktifan dan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Selanjutnya, langkah-langkah model learning start with a question dalam penelitian ini dapat juga diterapkan pada mata pelajaran lain yang menuntut keaktifan siswa dalam proses belajarnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...