Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 8 No. 3 (2019): DIDAKTIKA Agustus 2019

Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Pembelajaran Inquiry

Nawir R (MTs Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan penggunaan metode inquiry. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX MTs Negeri Palopo tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah keseluruhhan 21 siswa. Penelitian ini mengikuti tahapan penelitian tindakan yang mencakup beberapa siklus yang masing-masing memiliki tahapan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar. Tes yang digunakan merupakan cakupan dari seluruh kompetensi yang harus diketahui dan dimiliki seorang siswa pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Terjadi peningkatan rentang nilai (skor perolehan) prestasi belajar IPA siswa pada siklus I 40 – 80 (rerata termasuk dalam kategori Cukup baik), menjadi 80 – 100 (kategori sangat baik) pada siklus II pada siswa kelas IX MTs Negeri Palopo. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry terbukti secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa di kelas IX MTs Negeri Palopo.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...