Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan multiple intelligences pada melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX MTs Negeri Palopo. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan jenis tahapan yang dilakukan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis sesuai dengan karatektristik data yang masuk. Dari analisis fase fase proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif sarat dengan kandungan pengembangan multiple intelegences, jadi dengan model pembelajaran kooperatif guru bukan hanya menyampaikan dapat materi yang bermakna, tetapi juga memberikan ruang bagi berkembangnya multiple intelegences yang dimiliki peserta didik. Multiple intelegences peserta didik yang berkembang ketika mengikuti proses pembelajaran antara lain kecerdasan intrapersonal, kecerdasan spasial, kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematis, dan kecerdasan kinestetik.
Copyrights © 2021