Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui secara faktual mengenai faktor-faktor sehingga peserta didik sekolah menengah pertama di kota Palopo sehingga banyak diantara mereka melakukan tindakan indispliner di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada dua sekolah yaitu SMPN 8 dan SMPN 5 Kota Palopo. Penelitian kulitatif ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memotret data perilaku siswa. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, dan beberapa wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa faktor-faktor penyebab sehingga peserta didik SMPN 8 dan peserta didik melakukan bolos sekolah secara umum ada dua yaitu faktor ekstern dan faktor intern. Faktor intern adalah karena; pengaruh teman, pagar sekolah yang mudah dilewati, kurangnya perhatian orang tua, peserta didik banyak begadang dimalam hari, seringnya guru terlambat masuk kelas. Sedangkan faktor intern adalah karena; kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar, adanya mata pelajaran yang kurang disenangi, guru memberikan tugas pekerjaan yang terlalu banyak dan peserta didik banyak tidak memahaminya.
Copyrights © 2021