Journal of Islamic Economics and Philanthropy
Vol 2, No 01 (2019): Februari 2019

تأثير سلوك في التجارة الإسلامية على رضى المستهلكين (دراسة حالة في UKP Ria Nusantara بمعهد الرسالة منطقة سلاهونج مدينة فونوروكو سنة 2018)

Imam Haryadi (unida)
Yogi Saputra (unida)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2019

Abstract

Sukses dalam bisnis didasarkan pada layanan yang baik dengan menjadikan konsumen sebagai pelanggan. Karena basis perdagangan bisnis bukan untuk mengambil keuntungan materi semata, tetapi juga untuk membantu yang lain. Peneliti memilih objek penelitian di UKP Ria Nusantara dengan dasar bahwa UKP Ria Nusantara merupakan salah satu usaha milik pesantren Ar Risalah, dimana para santri belajar nilai-nilai Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perilaku perdagangan syariah terhadap kepuasan konsumen di UKP Ria Nusantara. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metodologi survei. Metode pengumpulan data dengan membagi survei kepada 140 pembeli, menggunakan skala skala Likert. Peneliti menggunakan analisis data regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku perdagangan syariah memiliki efek positif, menunjukkan bahwa hasil uji-t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa perilaku perdagangan syariah berdampak pada kepuasan konsumen UKP Ria Nusantara. Dampak perilaku perdagangan Islam menunjukkan bahwa hasil uji R2 adalah 0,473, artinya perilaku perdagangan Islam memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 43,3% dan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIEP

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

This Journal focus and scope on: Islamic Economics Islamic Philanthropy Islamic Business Islamic Finance Islamic Worldview on ...