Sukses dalam bisnis didasarkan pada layanan yang baik dengan menjadikan konsumen sebagai pelanggan. Karena basis perdagangan bisnis bukan untuk mengambil keuntungan materi semata, tetapi juga untuk membantu yang lain. Peneliti memilih objek penelitian di UKP Ria Nusantara dengan dasar bahwa UKP Ria Nusantara merupakan salah satu usaha milik pesantren Ar Risalah, dimana para santri belajar nilai-nilai Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perilaku perdagangan syariah terhadap kepuasan konsumen di UKP Ria Nusantara. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metodologi survei. Metode pengumpulan data dengan membagi survei kepada 140 pembeli, menggunakan skala skala Likert. Peneliti menggunakan analisis data regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku perdagangan syariah memiliki efek positif, menunjukkan bahwa hasil uji-t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa perilaku perdagangan syariah berdampak pada kepuasan konsumen UKP Ria Nusantara. Dampak perilaku perdagangan Islam menunjukkan bahwa hasil uji R2 adalah 0,473, artinya perilaku perdagangan Islam memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 43,3% dan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini
Copyrights © 2019