Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Keju Natural Di Rumah Keju Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta

Richa Puspita Dewi (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Budiarto Budiarto (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Antik Suprihanti (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis Keragaan usaha keju natural, 2) menganalisis kelayakan Usaha keju natural, 3) menetapkan prioritas strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan untuk mengembangkan Usaha keju natural. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan responden penelitian menggunakan metode purposive. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk keragaan dianalisis secara deskripsi, kelayakan usaha dianalisis menggunakan analisis benefit cost ratio dan strategi pengembangan usaha dianalisis menggunakan metode IFE, EFE, SWOT, IE dan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian 1). Usaha keju natural di Rumah Keju Jogja memiliki lokasi produksi yang strategis, pemasaran yang dilakukan secara online dan offline, memiliki sertifikat halal dari MUI dan sudah melakukan fungsi – fungsi manajemen dalam usahanya. 2). Usaha keju natural di “Rumah Keju” Jogja selama tidak layak dilaksanakan dengan nilai b/c ratio sebesar 0,38 3) strategi pengembangan usaha yang menjadi prioritas untuk pengembangan usaha keju natural di Rumah Keju Jogja adalah penetrasi pasar melalui meningkatkan promosi melalui penggunaan facebook dan instagram yang lebih optimal atau melalui media promosi lainnnya untuk meningkatkan penjualan.Kata kunci : strategi pengembangan, kelayakan usaha, keju natural, keragaan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...