Kulidawa
Vol 2, No 1 (2021): Mei

Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMKN 1 Mananggu

La Wui (SMKN 1 Mananggu)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Sumber penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa 30 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan yang memiliki kemampuan rata-rata kemampuan penalaran matematis sedang 54,8% sampai 63%, dan kemampuan komunikasi matematis 33,34% sampai 73,34%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa pada materi dua dimensi. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa pada siklus I, hanya 19 siswa dari 30 siswa yang ketuntasan belajarnya atau 63,33% pada kemampuan penalaran matematis, dan 20 siswa yang ketuntasan belajarnya atau 66,67% pada kemampuan komunikasi matematis. Pada siklus II, kemampuan penalaran matematis siswa cenderung meningkat menjadi 20%, dengan hasil jumlah siswa yang ketuntasan belajar menjadi 25 siswa atau 83,33%. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa cenderung meningkat menjadi 20%, dengan hasil jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 26 siswa atau 86,67%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis tindakan “jika pada materi dua dimensi di kelas XI SMK Negeri 1 Mananggu dilakukan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, maka kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa akan berkembang” dikatakan diterima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kulidawa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Kulidawa is a science applied education journal (biology education, physics education, natural sciences education, chemistry education, and mathematics education). Articles published in the kulidawa journal include the results of scientific research, scientific article reviews, and responses or ...