Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengembangan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa dalam materi pembelajaran himpunan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 267 Jakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dengan sampel adalah salah satu kelas VII yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling, yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Butir-butir soal instrumen disusun dengan menggunakan soal pilihan ganda dengan 4 alternatif pilihan jawaban. Data yang terjaring dari hasil uji coba instrumen pada sampel, diolah dan dianalisis dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis), yang terdiri dari uji validitas butir instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Dari pengolahan dan analisis data hasil uji coba instrumen diperoleh hasil: (1) Instrumen final terdiri dari 19 butir soal yang valid dari 25 butir soal yang diujicobakan; (2) Butir-butir soal yang valid tetap mewakili kelima kompetensi dasar yang disusun sebelum uji coba; (3) Koefisien reliabilitas instrumen final sebesar 0,737.
Copyrights © 2021