Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 5, No 1: Mei 2021

Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

Yusuf Al Amin (Unknown)
Budi Murtiyasa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
08 May 2021

Abstract

Pembelajaran jarak jauh membuat siswa kesulitan dalam memahami pelajaran matematika secara maksimal sehingga menghambat kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan siswa belajar matematika pada proses pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah yang ditinjau dari motivasi belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas VII MTs Negeri 6 Boyolali yang mengikuti pembelajaran matematika secara daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat faktor penghambat siswa berpikir kritis dalam belajar matematika salah satunya adalah motivasi belajar. Kesulitan siswa dalam berpikir kritis yang dipengaruhi motivasi belajar dibagi dalam kriteria motivasi belajar rendah, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar tinggi. Dalam meningkatnya kemampuan berpikir kritis akan membuat siswa mampu memecahkan masalah, dapat membantu pengambilan keputusan, dapat membedakan fakta dan opini, serta membuat siswa lebih tenang dalam menghadapi masalah, terlebih dalam proses pembelajaran matematika pada proses pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...