Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu dari lima kemampuan dasar matematika yang harus dikuasai siswa. Akan tetapi kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa SMA dengan gaya kognitif field dependent. Pengambilan data penelitian melalui tes dan wawancara dilakukan 2 kali yaitu pada tes tahap1 dan tes tahap 2. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal cerita mampu memahami gagasan matematis, mengungkapkan gagasan matematis, dan menggunakan pendekatan bahasa matematika, tetapi kurang mampu dalam menggunakan representasi matematika, dan menafsirkan informasi matematis.
Copyrights © 2020