Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 4, No 2: November 2020

Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent (FD)

Mimin Ulyawati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2020

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu dari lima kemampuan dasar matematika yang harus dikuasai siswa. Akan tetapi kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah.  Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa SMA dengan gaya kognitif field dependent. Pengambilan data penelitian melalui tes dan wawancara dilakukan 2 kali yaitu pada tes tahap1 dan tes tahap 2. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Berdasarkan  hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal cerita mampu memahami gagasan matematis, mengungkapkan gagasan matematis, dan menggunakan pendekatan bahasa matematika, tetapi kurang mampu dalam menggunakan representasi matematika, dan menafsirkan informasi matematis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...