Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam pembelajaran. Seorang peserta didik akan belajar dengan baik apabila ada faktor pendorongnya yaitu motivasi belajar. Peserta didik akan belajar dengan giat jika memiliki motivasi belajar yang tinggi. Budaya sekolah diharapkan dapat menjelaskan tentang sekolah, seperti mekanisme internal sekolah terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Adakah hubungan antara budaya sekolah dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. 2) Adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. 3). Hubungan antara budaya sekolahdan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei pendekatan asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur sejumlah 31 peserta didik penelitian populasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : 1) Ada hubungan budaya sekolah dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik Kelas X dan XI SMA IT Daarul Hamdi. Nilai koefisien variabel sebesar 0,327 dengan thitung= 1,952, dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,697. Maka thitung ≥ ttabel dengan nilai 1,952 ≥ 1,697. 2) Ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajarr Pendidikan Agama Islam peserta didik Kelas X dan XI di SMA IT Daarul Hamdi. Nilai koefisien variabel sebesar 0,405 dengan thitung= 1,840, dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,697.Maka thitung ≥ ttabel dengan nilai 1,840 ≥ 1,697, 3) persamaan regresi Y=75,070 + 0,327X1 +0.405X2, menunjukan bahwa nilai Fhitung=3,499 dengan Sig=0,061. Bandingkan nilai Fhitung dengan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% dan derajat bebas (v1=2 dan v2=28) diperoleh nilai Ftabel=3,36, dengan kondisi bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel dan nilai Sig yang lebih kecil dari alfha (0,05).
Copyrights © 2020