Latar belakang : Daya terima makanan yang baik pada pasien dapat menunjang kesembuhanpenyakit yang diderita pasien. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi daya terimamakanan pada pasien yaitu kepuasan pasien terhadap penyelenggaraan makanan.Tujuan : Mengetahui hubungan antara kepuasan pasien dengan daya terima makanan padapasien di RSUD dr. H. Soewondo KendalMetode : Desain pada penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan crosssectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di RSUD dr. H.Soewondo Kendal dan pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlahsampel sebanyak 55 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesionerkepuasan pelanggan untuk mengukur kepuasan pasien dan formulir comstock untukmengamati daya terima makanan pada menu makan siang. Analisis data yang digunakan yaituuji kendall tau (α = 0,05).Hasil penelitian : Sebagian besar pasien memiliki kepuasan kategori baik terhadappenyelanggaraan makan siang di RSUD dr. H. Soewondo Kendal yaitu sebesar 90,9% (50orang) dan sebesar 76,4% (42 orang) memiliki daya terima makanan kategori baik sertaterdapat hubungan bermakna antara kepuasan pasien dengan daya terima makanan padapasien di RSUD dr. H. Soewondo Kendal (p = 0,0001)Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pasien dengan daya terimamakanan pada pasien di RSUD dr. H. Soewondo Kendal
Copyrights © 2017