Penelitian ini dilatar belakangi karena masalah pembelajaran yang terus mengalami perkembangan, oleh karena itu tuntutan untuk mencapai keberhasilan pembelajaran terus ditingkatkan, baik untuk meningkatkan keaktifan, minat, maupun hasil belajar peserta didiik. Upaya yang bisa dilakukan yaitu terletak pada salah satu bentuk wujud dari program sekolah ramah anak, yakni kegiatan outing class (pembelajaran di luar kelas), yang menggunakan keterlibatan lingkungan alam sekitar yang dijadikan sebagai bahan ajar untuk dipelajari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kegiatan outing class dengan kemampuan kognitif materi makhluk hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan outing class dengan kemampuan kognitif materi makhluk hidup di kelas III SD Negeri Pengasinan VIII, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan yang diperoleh pada koefisien korelasi sebesar r = 0,653 dan koefisien determinasi R = r2 = 0,426, dengan pengujian signifikansi terhadap korelasi diperoleh thitung (8,078) > ttabel (1,662) pada α = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kegiatan outing class dengan kemampuan kognitif materi makhluk hidup di sekolah ramah anak.
Copyrights © 2021