Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 8, Nomor 2, Mei 2020

Peningkatan Prestasi Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas XI.IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau

Rachmiar Rachmiar (SMA Negeri 3 Baubau)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui hasil peningkatan hasil belajar biologi pada materi Sel pada siswa kelas XI.IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau. Metode yang di gunakan adalah penelitian Tindakan Kelas yang terbagi menjdai dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA 2 SMK Negeri 3 Baubau yang berjumlah 21 orang yang terdiri 10 orang siswa putra dan 11 orang siswa putri, pada semester ganjil SMA Negeri 3 Baubau. Hasil penelitian menunjukkan Prestasi belajar, dimulai dari masalah yang dihadapi siswa hasil ulangan nilai rendah dan diakhiri ada perubahan peningkatan hasil belajar direkomendasiakan belajar biologi tentang Sel dengan mengunakan metode jigsaw dapat meningkatkan nilai rata-rata 63,80 yang dicapai pada kondisi awal setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode jigsaw, pada kondisi akhir menjadi nilai rata-rata 90,47 dengan demikian ada peningkatan sebesar 26,67 %. Proses pembelajaran biologi dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan yang semula masih banyak siswa yang pasif, sebagian besar siswa tidak berani bertanya. Aktifitas siswa dalam belajar dan diskusi masih rendah setelah dilakukan tindakan kelas menjadi siswa yang pasif sedikit saat kerja kelompok, Sangat sedikit siswa tidak berani bertanya saat diskusi, Aktifitas siswa dalam diskusi tinggi. Siswa mendapat pengalaman belajar secara kelompok, berani mengemukakan pendapat didepan temannya, bertanggung jawab, latihan kerja sama, mau menerima kritik dan saran. Secara keseluruhan, pembelajaaran biologi dengan menggunakan metode jigsaw dikatakan berhasil, karena dapat meningkatkan prestasi belajar biologi tentang Sel bagi siswa kelas XI-IPA2 SMA Negeri 3 Baubau pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian Siklus I dan Siklus II, maka hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa, “Peningkatan Prestasi Belajar Biologi melalui implementasi Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw bagi siswa kelas XI-IPA2 SMAN 3 BauBau pada materi pokok Sel”, terbukti kebenarannya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...