Penelitian ini bertujuan dapat untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan oleh siswa kelas X IPA 1 SMAN 3 Baubau Pada Materi Ekosistem serta berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar Biologi. Desain Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 3 BauBau tahun 2019/2020. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas data peningkatan prestasi belajar biologi siswa dapat dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test. Data peningkatan prestasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan di kelas X IPA 3 SMAN 3 Baubau pada materi Animalia dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Peningkatan Prestasi belajar siswa ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai post-test terhadap nilai pre-test yang pelaksanaannya dapat ditempuh dalam dua siklus. Dimana nilai yang diperoleh menunjukan peningkatan dari siklus I nilai yang tuntas 52 % menjadi 90,47 % yang tuntas pada siklus II.
Copyrights © 2020