Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 8, Nomor 3, September 2020

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Buton Tengah Menggunakan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)

Asniar Asniar (SMP Negeri 33 Buton Tengah)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Buton Tengah dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Buton Tengah dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 1 siklus. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Buton Tengah yang berjumlah 36 peserta didik, yang terdiri dari 13 siswa dan 23 siswi. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dari penelitian ini adalah dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai tes awal dari 36 peserta didik yaitu peserta didik yang mendapat nilai <65 sebanyak 32 peserta didik atau 88,89% dan peserta didik yang mendapat nilai 65 sebanyak 4 peserta didik atau 11,11% dengan nilai rata-rata 40 dan ketuntasan hasil belajar mencapai 11,11%. Kemudiaan hasil tes siklus I, peserta didik yang mendapat nilai <65 sebanyak 7 peserta didik atau 19,44% dan peserta didik yang mendapat nilai 65 sebanyak 29 peserta didik atau 80,56% dengan rata-rata 76,11 dan ketuntasan hasil belajar mencapai 80,56%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik untuk kelas VIII SMP Negeri 33 Buton Tengah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...