Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Buton Tengah dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Buton Tengah dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 1 siklus. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Buton Tengah yang berjumlah 36 peserta didik, yang terdiri dari 13 siswa dan 23 siswi. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dari penelitian ini adalah dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai tes awal dari 36 peserta didik yaitu peserta didik yang mendapat nilai <65 sebanyak 32 peserta didik atau 88,89% dan peserta didik yang mendapat nilai 65 sebanyak 4 peserta didik atau 11,11% dengan nilai rata-rata 40 dan ketuntasan hasil belajar mencapai 11,11%. Kemudiaan hasil tes siklus I, peserta didik yang mendapat nilai <65 sebanyak 7 peserta didik atau 19,44% dan peserta didik yang mendapat nilai 65 sebanyak 29 peserta didik atau 80,56% dengan rata-rata 76,11 dan ketuntasan hasil belajar mencapai 80,56%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik untuk kelas VIII SMP Negeri 33 Buton Tengah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020