Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 9, Nomor 1, Januari 2021

Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Himpunan di SMP Negeri 1 Batauga

Wa Ode Sherin Dwi Septi Awaluddin (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Anwar Anwar (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Kontekstual berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Himpunan di SMP Negeri 1 Batauga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Himpunan di SMP Negeri 1 Batauga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batauga yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 162 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 27 siswa dan kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 27 siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil pretest untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 26,04 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata 58,27; 2) hasil pretest untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 19,62 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata yaitu 53,73; 3) Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 0,09 dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran Kontekstual berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada materi himpunan di SMP Negeri 1 Batauga Tahun Ajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...