PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
PENGABDI : VOL. 2, NO. 1 (2021)

PKM Peningkatan Pemahaman Mahasiswa mengenai Peranan Ombudsman dalam Pelayanan Publik

Andi Muhammad Rivai (Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar)
Aris Baharuddin (Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Abstrak. Terdapat 2 permasalahan utama yang dialami oleh mitra dalam kegiatan ini yakni 1) kurangnya pemahaman mahasiswa mengenai fungsi Ombudsman dalam Pelayanan Publik, serta 2) kurangnya kesadaran dan kepedulian mahasiswa dalam mengawasi pelaksanaan pelayanan publik.  Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pelatihan yang fokus pada peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai peranan Ombudsman dalam pelayanan publik. Program pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi 4 tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan tahap follow up kegiatan. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa  sebelum pelaksanaan pelatihan, sebagian besar peserta belum memiliki pemahaman yang baik mengenai peranan Ombudsman dalam penyelengaraan pelayanan publik. Setelah pemberian pelatihan, dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan pemahaman peserta mengenai peranan Ombudsman tersebut.Kata Kunci: Ombudsman, Pelayanan Publik, Evaluasi Pelayanan Publik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pengabdi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

PENGABDI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar. Jurnal ini menerbitkan artikel laporan hasil program pengabdian masyarakat yang bersifat multidisiplin, baik itu dalam bidang pendidikan, sosial ekonomi, budaya, dan ...