Penelitian ini menjelaskan framing citra pasangan Calon Presiden dan wakil presiden dalam menunjukkakan kemampuan mereka dikancah pemilu 2019 di media. Di tahun 2019 sebagai tahun politik, dilakukan pemilihan umum serempak di seluruh Indonesia untuk pemilihan Presiden dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Tahun politik yang terjadi di Indonesia ini merupakan tonggak awal perpolitikan yang diharapkan mampu menjadi contoh pemilihan kedepannya yang lebih baik. Namun, berbagai berita mengenai pasangan calon presiden RI senantiasa mewarnai layar televise, media online dan radio. Media menjadi salah satu papularitas yang digunakan untuk meningkatkan minat masyarakat. Paradigma pada penelitian ini adalah paradigm konstrukstivisme dengan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang cocok untuk memahami secara mendalam masalah sosial dan kemasyarakatan. Analisis yang digunakan adalah analisis framing terhadap berita di media online. Secara garis besar diperoleh data bahwa media utamanya menonjolkan karakteriktik religiusitas dalam penampilan pasangan calon pada sosok calon wakil presidennya. Sedangkan sosok kepemimpinan coba ditonjolkan pada sosok calon presiden. Citra kepemimpinan dan citra religiusitas seolah dibagi dalam sekat-sekat kelompok calon pemimpin Indonesia.
Copyrights © 2020