AdZikra: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 11 No 1 (2020): Januari-Juni

ELECTION IN INDONESIA, IMAGE OR?

Nur Asia Tawang (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini menjelaskan framing citra pasangan Calon Presiden dan wakil presiden dalam menunjukkakan kemampuan mereka dikancah pemilu 2019 di media. Di tahun 2019 sebagai tahun politik, dilakukan pemilihan umum serempak di seluruh Indonesia untuk pemilihan Presiden dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Tahun politik yang terjadi di Indonesia ini merupakan tonggak awal perpolitikan yang diharapkan mampu menjadi contoh pemilihan kedepannya yang lebih baik. Namun, berbagai berita mengenai pasangan calon presiden RI senantiasa mewarnai layar televise, media online dan radio. Media menjadi salah satu papularitas yang digunakan untuk meningkatkan minat masyarakat. Paradigma pada penelitian ini adalah paradigm konstrukstivisme dengan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang cocok untuk memahami secara mendalam masalah sosial dan kemasyarakatan. Analisis yang digunakan adalah analisis framing terhadap berita di media online. Secara garis besar diperoleh data bahwa media utamanya menonjolkan karakteriktik religiusitas dalam penampilan pasangan calon pada sosok calon wakil presidennya. Sedangkan sosok kepemimpinan coba ditonjolkan pada sosok calon presiden. Citra kepemimpinan dan citra religiusitas seolah dibagi dalam sekat-sekat kelompok calon pemimpin Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

adzikra

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal AdZikra merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal AdZikra menyediakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan analisis reflektif dari para akademisi dan praktisi untuk ...