Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 3 No 1 (2021): Maret

UPAYA GURU DALAM MENGENALKAN NILAI-NILAI AGAMA MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DELIMA DESA KOLE

Nurfaidah Nurfaidah (Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima)
Ade S Anhar (Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima)
Hendra hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Guru Dalam Mengenalkan Nilai-Nilai AgamaMelalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK DelimaDesa Kole. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya GuruDalam Mengenalkan Nilai-nilai Agama Melalui Metode Cerita Bergambarpada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Delima Desa Kole. Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif, denganteknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: 1) Observasi, 2)Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan:1) Observasi, 2) Wawancara dan 3) Dokumentasi. Dan Teknik AnalisaData menggunakan teori Milles dan Huberman dengan Teori Modifikasi,tahun 1992, dengan empat tahap yaitu: 1) Pengumpulan Data, 2) PenyajianData, 3) Reduksi Data, dan 4) Verifikasi/Kesimpulan. Hasil penelitiannyaadalah guru dapat memperkenalkan nilai-nilai keagamaan seperti; sikapjujur, disiplin, sopan santun, suka menolong antar sesama, rendah hati dansabar. Dalam hal ini kesabaran sangat dibutuhkan bagi setiap pendidik,karena mengingat pentingnya pengenalan awal tentang nilai-nilai agamapada anak sejak dini, setiap guru harus mampu berinteraksi dengan setiapanak dan harus mampu berkomunikasi dengan baik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus jurnal ini adalah studi akademik dilingkup TK/PAUD dalam berbagai perspektif yang berupa artikel hasil pemikiran dan penelitian pendidikan PAUD/TK.Ruang lingkup jurnal ini mengkhususkan pada pendidikan dasar terutama dilingkup Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dalam berbagai disiplin ilmu dan ...