Penggunaan google classroom dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar terutama saat pembelajaran dengan menerapkan learning management system, karena pembelajaran dengan menerapkan learning management system harus menggunakan perangkat-perangkat lunak yang dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun, hal ini untuk mempermudah segala proses yang terjadi didalamnya. Tujuan dari penelitian adalah terwujudnya penggunaan google classroom sebagai kelas virtual dalam pembelajaran fisika dengan strategi pembelajaran virtual learning environment, dan diharapkan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis learning management system ini dapat memberikan kemudahan, informasi, serta pemahaman teknologi kepada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020 melalui kelas virtual google classroom. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket respon yang digunakan untuk memperoleh respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan kelas virtual google classroom. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini siswa dapat merespon dengan baik dari berbagai aspek, aspek fleksibel direspon dengan baik dan dinyatakan setuju, aspek efektif direspon dengan baik siswa menyatakan setuju, kemudian yang terakhir adalah aspek inovatif siswa menyatakan setuju dan google classroom sangat inovatif untuk dijadikan sebagai virtual class.
Copyrights © 2021