Jurnal Math-UMB.EDU
Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2021

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN WORKING BACKWARD DISERTAI PARTISIPASI MUSIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Werdiningsih, Condro Endang (Unknown)
Yunita, Astri Irma (Unknown)
Hernaeny, Ulfah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran working backward yang disertai dengan partisipasi musik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran working backward, Sedangkan, pada kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran resitasi terstruktur. Partisipasi musik artinya siswa diberikan perlakuan dengan cara mendengarkan alunan musik dengan volume nada yang telah diatur selama proses penugasan berlangsung. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran working backward lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran resitasi terstruktur. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran working backward disertai partisipasi musik lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran working backward non musik (3) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran resitasi terstruktur disertai partisipasi musik lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran resitasi terstruktur non musik. (4) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran working backward disertai partisipasi musik lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran resitasi terstruktur disertai partisipasi musik.Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematika, Strategi pembelajaran working backward, Partisipasi musik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...