Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 02 (2021): Februari

Strategi Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik

Jauharil Maknuni (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Era globalisasi adalah kebebasan berusaha yang didorong dengan persaingan bebas yang tidak terbatas, sehingga setiap manusia dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang. Oleh sebab itu, untuk menghadapi persaingan ini, sekolah khususnya sekolah dasar perlu membekali peserta didik menjadi jiwa wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sekolah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik. metode penelitianya kualitatif deskriptif, dalam mengumpulkan data penelitian ini mengunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, dari hasil penelitan maka ditemukan beberapa strategi sekolah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik, yang terutama pada saat perencanaan dirumuskan didalam rapat sekolah setiap awal tahun ajaran. Penyusunan program dihadiri oleh ketua yayasan, komite, guru, staff dan orangtua peserta didik. program-proram ialah niaga santri, entrepreneur zone, culinary corner, pengusaha berbagi inspirasi dan berkebun. Ini bertujuan untuk agar peserta didik tertanam jiwa, karakter tanggung jawab, dan kepemimpinan. Pelaksanaan dilakukan pada peoses belajar mengajar, ektrakulikuler, dan mata pelejaran kewirausahaan, penelitian ini dapat memberi informasi kepada sekolah-sekolah lain dalam menerapkan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...