Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 02 (2021): Februari

Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD

Feni Farida Payon (Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan)
Dyka Andrian (Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan)
Sasi Mardikarini (Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat memengaruhi keaktifan belajar peserta didik pada muatan IPA di kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas III dan kepala sekolah selaku pembina. Objek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Ngujung 2 Maospati. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa faktor-faktor internal yang memengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor- faktor internal yang memengaruhi keaktifan belajar yaitu faktor fisiologis berupa keadaan fisik (panca indra), faktor psikologis berupa perhatian, tanggapan, serta ingatan menjadi faktor pendukung keaktifan belajar peserta didik. Sedangkan keadaan jasmani menjadi faktor penghambat keaktifan belajar peserta didik. Faktor-faktor eksternal yang memengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III adalah faktor nonsosial yaitu tempat dan fasilitas serta faktor sosial yaitu guru dan teman sebaya. Tempat, fasilitas, dan guru menjadi faktor pendukung keaktifan belajar peserta didik. Sedangkan teman sebaya menjadi faktor yang dapat mengganggu keaktifan belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...