Gunahumas
Vol 4, No 1 (2021): Gunahumas

Pengaruh Terpaan Iklan Promo Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja

Syahida, Lutfiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh signifikan antara terpaan iklan promo gratis ongkos kirim Shopee, yang dilihat dari ketiga sub variabel frekuensi, durasi, dan atensi terhadap perilaku konsumtif remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner yang dibagikan pada 100 responden followers Twitter @ShopeeID. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan promo gratis ongkos kirim Shopee berpengaruh pada perilaku konsumtif remaja. Namun hanya dua subvariabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif, yaitu frekuensi dan atensi. Dari ketiga sub variabel (X) yang memiliki pengaruh paling besar yaitu dimensi atensi, mengenai seberapa jauh khalayak memahami atau fokus terhadap isi pesan iklan. Sedangkan sub variabel yang memiliki pengaruh paling rendah yaitu durasi. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terpaan iklan promo gratis ongkos kirim Shopee berpengaruh secara positif pada perilaku konsumtif remaja, meskipun tidak terlalu berpengaruh besar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gunahumas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Gunahumas with registered number 2655-1551 (Print) and 2774-2822 (Online) is published by Kantor Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia. It is published twice a year. Jurnal Gunahumas Journal is a journal that publishes the work of researchers and practitioners in the field of Public ...