Optimalisasi TIK pada pembelajaran jarak jauh harus dilakukan selama pandemi covid-19. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp (WA) pada pembelajaran fisika. Dilakukan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara pada 30 responden yang merupakan murid kelas XI IPA SMA IT ANNISA Kadungora. Responden mengisi data melalui chating dan tautan yang dikirimkan pada chating grup WA. Hasilnya menunjukkan 40% merasa sangat terbantu, 53% terbantu dan 7% cukup terbantu dalam komunikasi pembelajaran. Kemudian 7% merasa sangat terbantu, 86 % terbantu dan 7% cukup terbantu dalam penyampaian bahan pembelajaran. Data yang diterima ini tidak mengurangi nilai yang didapatkan dibandingkan dengan tatap muka langsung. Bahkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan pembelajaran dengan adanya interaksi, peningkatan kualitas komunikasi dan diskusi. Responden sangat antusias dan menyarankan agar mengaplikasikannya pada pembelajaran lain. Diharapkan pada tahap selanjutnya dengan melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan WA dari segi prestasi.
Copyrights © 2021