Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi
Vol 10, No 1 (2021): Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi

Meta-analisis validitas booklet klasifikasi makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar ipa kelas vii smp

Pujha Alencia (Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat.)
Syamsurizal Syamsurizal (Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat.)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keabsahan Booklet Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Tambahan Ajaran untuk Kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari jurnal dan tesis yang berhubungan dengan booklet. Sampel yang digunakan adalah 18 jurnal dan skripsi yang berkaitan dengan pengembangan booklet. Hasil meta analisis penelitian untuk bahan ajar berupa booklet sebesar 87,89% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis jurnal dan tesis pada bahan ajar berupa booklet, diharapkan validitas Booklet Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Tambahan Ajaran untuk Sekolah Menengah Pertama diperoleh kriteria sangat valid. Meta-analysis validity of the booklet on classification of living things as supplement for seventh grader. This research aims to determine the level validity of the Booklet on Classification of Living Things as Teaching Supplement for Class VII Junior High School. This study uses a meta-analysis method. The data was collected by searching for journals and theses related to booklets. The samples used were 18  journals and theses related to booklet development. The results of the research meta analysis for teaching materials in the form of booklets amounted to 87,89% with a very valid category. Based on the results of the analysis of journals and theses on teaching materials in the form of booklets, it is expected that the validity of the Booklet on Classification of Living Things as Teaching Supplement for Junior High School obtained very valid criteria.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Bio-Pedagogi. Jurnal Pembelajaran Biologi adalah jurnal yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bio-Pedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pembelajaran biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...