Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021

MEREDUKSI PRASANGKA ETNIK SISWA DENGAN TEKNIK RESTRUCTURING COGNITIVE SUATU KERANGKA KONSEPTUAL

Hasrul Hasrul (STKIP Kie Raha Ternate Maluku Utara Indonesia)
Hariadi Ahmad (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

Abstrak. Bangsa Indonesia disebut sebagai salah satu negara yang memiliki ragam budaya. Keragaman tersebut merupakan wujud dari bangsa multikultur  yang terlihat dari perbedaan bahasa, suku, etnis, dan keyakinan agama serta kebiasaan-kebiasaan kultural lainnya. Perbedaan budaya dalam kategori latar belakang suku dan etnis, sering kali memunculkan prasangka yang membuat seseorang dinilai terlebih dahulu sebelum dia dikenal lebih mendalam. Jika prasangka dan stereotipe negatif dibiarkan terus-menerus dan meluas, maka konflik  berskala besar tidak dapat hindari karena individu telah memiliki benih-benih permusuhan sejak usia sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menawarkan kerangka konseptual terhadap konselor mengenai upaya untuk mereduksi prasangka etnik siswa melalui teknik cognitive restructuring. Cognitive restructuring adalah salah satu teknik konseling dalam pendekatan cognitive therapy yang bertumpu pada  restrukturisasi  atau pembenahan  kognitif  yang menyimpang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...