JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance.
Vol 3, No 1 (2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BANDA ACEH DALAM MENGGUNAKAN E-MONEY

Febrina Rezky (Perbankan Syariah)
Nevi Hasnita (Perbankan Syariah)
Ismuadi Ismuadi (Perbankan Syariah)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

Pemerintah telah mencanangkan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan menggunakan uang elektronik (e-money) yang dianggap lebih efektif dan efesien guna menciptakan masyarakat Indonesia sebagai Less Cash Society. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Banda Aceh dalam menggunakan e-money. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri dengan sampel sebanyak 99 nasabah yang ditetapkan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kemudahan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Kemanfaatan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Fitur Layanan secara parsial berpengaruh terhadap minat menggunakan e-money. Kemudahan, kemanfaatan, promosi dan fitur layanan secara simultan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-money.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance publishes research articles of interest to Islamic Banking, Insurance/ Takaful, Islamic Accounting, Business Ethics and Legal Issues, Work Ethics, Islamic Work Ethics, Islamic Corporate Social Responsibility, Islamic Financial management, ...