JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 8, No 2 (2020): December 2020

Hambatan Berpikir Kreatif pada Pemecahan Masalah Matematika

Harsayandaru Himawan (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang)
I Nengah Parta (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang)
Abd. Qohar (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang)
Toto Nusantara (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat penting bagi siswa, karena berpikir kreatif sangat berguna di kehidupan sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah melalui tes soal pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tes tersebut diambil tiga siswa bernilai rendah (S1), sedang (S2), dan tinggi (S3). Hasil analisis yang didapatkan adalah ketiga siswa tersebut belum memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik. S1 hanya bisa mengidentifikasi permasalahan, S2 bisa menggunakan strategi yang unik dari siswa lain walaupun hasilnya masih salah, S3 mampu menjawab soal dengan dua cara, akan tetapi jawabannya masih salah. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif siswa masih kurang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...