Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 18, No 1 (2021): Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial

ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial)

Ryan Priatama (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ilham Hilal Ramadhan (Universitas Negeri Yogyakarta)
Az- Zuhaida (Universitas Negeri Yogyakarta)
Awanis Akalili (Universitas Negeri Yogyakarta)
Febriansyah Kulau (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Diunduh lebih dari 2 Miliyar per tiga bulan pertama di tahun 2020, menjadikan Tiktok sebagai salah satu platform digital marketing yang banyak digunakan masyarakat. Aplikasi Tiktok hadir di Indonesia banyak dimanfaatkan untuk berkreativitas hingga berbisnis oleh masyarakat. Salah satu akun Tiktok yang aktif dalam menggunakan aplikasi ini sebagai digital marketing adalah @jogjafoodhunterofficial dengan jumlah pengikutnya sebesar 549,7 ribu. Digital marketing merupakan penerapan teknologi digital untuk menciptkan saluran yang dapat berhubungan dengan konsumen potensial agar tujuan pelaku usaha dapat berjalan secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik digital marketing yang digunakan oleh akun Tiktok @jogjafoodhunterofficial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metodologi yang dipakai yakni studi kasus. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan menunjukan bahwa akun Tiktok @jogjafoodhunterofficial menggunakan beberapa teknik digital marketing, yaitu iklan, story telling, komedi, diskon, testimoni, tagar, dan promo, serta ditemukan beberapa temuan teknik baru yang belum ada di penelitian terdahulu seperti audio musik, feedback, dan cashback. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan penegatahuan serta memberi informasi dan alternatif digital marketing melalui aplikasi Tiktok.

Copyrights © 2021